by

Tips Merawat Aki Motor Vespa Matic

MediaKitaNews.com – Aki atau baterai memiliki peranan penting sebagai sumber kelistrikan pada motor, apalagi di Vespa Matic yang sudah pakai sistem injeksi. Agar tetap bekerja optimal dan memiliki usia pakai yang panjang, tentunya perlu dilakukan perawatan.

Melansir otorider.com, Rabu, 13 Juli 2022,  Nah, jangan disepelekan meski aki yang digunakan saat ini jenis aki kering, ternyata juga perlu mendapatkan pengecekan serta perawatan berkala.

Baca Juga : Pra Kerja Gelombang 36, Ini Persyaratan dan Waktu Pendaftaran

Lalu, bagaimana cara merawat aki Vespa Matic biar tidak cepat lemah?

Menurut Abdul Rosyid sebagai Kepala Mekanik Scooter VIP, ada beberapa cara yang harus dilakukan untuk merawat aki.

“Pertama, periksa kondisi terminal aki, baik yang plus atau arus listrik dan yang minus atau massa dari adanya kotoran, jamur ataupun benda asing lainnya yang dapat menghalangi aliran arus listrik,” ucapnya.

Baca Juga : Pasangan Pengantin di Kupang Bersimbah Darah Ditikam Pemabuk Saat Pesta Pernikahan

Kenali Ciri-ciri Aki Mulai Lemah di Vespa Matic

Kemudian, jika terdapat kotoran atau jamur, bersihkan menggunakan air panas dan sedikit digosok memakai sikat tembaga atau sikat kawat secara perlahan saja. Selain itu, bagi Anda yang punya alat volt meter bisa lakukan pengecekan tegangan pada aki.

“Baterai dinyatakan dalam kondisi normal kalau tegangannya di atas 12,4 volt. Tetapi sebaliknya, jika tegangan berada di bawah 12,4 volt, maka perlu dilakukan pengecasan,” ujar Abdul.

Lebih lanjut, Abdul menjelaskan cara yang terakhir agar aki tetap awet yaitu sebaiknya mesin motor sering dipanaskan. “Tujuan motor dipanaskan agar aki tetap terisi penuh. Kalau mesin motor hidup, spull akan mengisi arus ke aki,” jelasnya.***

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *