by

Gempa 7,4 Guncang Taiwan, sejumlah orang Meninggal Dunia

MediaKitaNews – Kabar duka datang dari Taiwan setelah wilayah yang berbatasan dengan China, Filipina dan Jepang tersebut dilanda gempa dahsyat dalam 25 tahun terakhir.

Gempa bermagnitudo 7,4 dilaporkan terjadi di sekitar Taiwan pada Rabu 3 April 2024 pagi.

Getaran gempa ini pun terasa di Pulau Okinawa dan Miyako, Jepang selatan, hingga ke Filipina sehingga membuat otoritas setempat sempat mengeluarkan peringatan Tsunami di pulau-pulau tersebut.

Pusat gempa berada sekitar 18 kilometer (11 mil) di selatan kota wisata Hualien.

Pemerintah Taiwan mengatakan empat orang telah meninggal di wilayah pegunungan di kabupaten timur Hualien. Selain itu, lebih dari 50 orang dilaporkan terluka dan 26 bangunan runtuh di berbagai wilayah di Taiwan.

Baca Juga : Termasuk NTT, ini sejumlah wilayah yang berpotensi terdampak Cuaca Ekstrem

Jepang peringatkan Tsunami

Dikutip dari Antara, Menurut data Badan Meteorologi Jepang, gempa bermagnitudo 7,5 di dekat pantai timur Taiwan yang tercatat pada pukul 08:58 waktu setempat (06.58 WIB), Rabu, memiliki “kedalaman yang sangat dangkal,” katanya tanpa penjelasan lebih lanjut.

Sementara itu, gempa kedua tercatat berselang kurang dari 15 menit kemudian yakni pada pukul 09.11 waktu setempat (07.11 WIB).

Guncangan hingga kekuatan bermagnitudo 4 itu juga dirasakan di Prefektur Okinawa, Jepang selatan, lanjutnya.

Pascagempa terjadi, peringatan tsunami dikeluarkan untuk Pulau Okinawa, Miyako dan Yaeyama.

Otoritas menambahkan bahwa gelombang tsunami setinggi tiga meter diperkirakan akan segera melanda wilayah Miyako dan Yaeyama dan diperkirakan bakal mencapai Okinawa pada sekitar pukul 10.00 waktu setempat (08.00 WIB).***

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *