by

Debat Capres 2024, Jokowi : yang Kelihatan Justru saling Menyerang

MediaKitaNews.com – Debat Calon Presiden putaran ketiga telah digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Minggu, 7 Januari 2024.

Setelah Debat Calon Presiden yang menghadirkan Anies baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo tersebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan komentar.

Dikutip dari Instagram @memomedsos, Senin 8 Januari 2023, Presiden Jokowi menilai dalam debat itu, visi dari setiap capres tak terlihat, justru yang menonjol yaitu saling serang.

“Ya yang pertama memang saya melihat substansi dari visinya malah tidak kelihatan, yang kelihatan justru saling menyerang, yang sebetulnya nggak apa-apa asal kebijakan, asal policy, asal visi nggak apa-apa,” kata Jokowi di sela kunjungan kerjanya di Serang, Banten, Senin 8 Januari 2023.

Jokowi menyayangkan adanya saling serang personal tersebut. Dia menilai hal itu kurang memberikan pendidikan

“Tapi kalau sudah menyerang personal, pribadi, yang tidak ada hubungan dengan konteks debat tadi malam mengenai hubungan internasional, mengenai geopolitik, mengenai pertahanan dan lain-lain saya kira kurang memberikan pendidikan, kurang mengedukasi masyarakat yang menonton,” ujarnya.

Jokowi menilai banyak masyarakat kecewa dengan debat semalam. Dia mengimbau agar format debat dibuat lebih baik lagi, sehingga kebijakan dan visi capres terlihat.

Baaca Juga : Media Asing Soroti Truk di Indonesia, Ternyata Muatannya Tidak Biasa

“Saya kira akan banyak yang kecewa. Sehingga debatnya memang perlu diformat lebih baik lagi, ada rambu-rambu sehingga hidup, saling menyerang nggak apa-apa tapi kebijakan, policy, visinya yang diserang bukan untuk saling menjatuhkan dengan motif-motif personal. Saya kira nggak baik dan nggak mengedukasi,” ujarnya.

Berikut Komentar Netizen terhadap reaksi Presiden Jokowi tersebut dirangkum dari Instagram @memomedsos.

“apapun yg dilakukan anies mah bakal dianggap bener semua sama pendukungnya 🤣 sama kayak waktu itu prabowo dapat banyak dukungan di tiktok dan ig, trus pendukung anies di twitter bilang “ah ig dan tiktok mah iq nya rendah semua”, eh skrang anies live tiktok, trus ada beberapa pengguna tiktok yg dukung anies, mereka senengnya naudzubillah, padahal sebelumnya ga sudi di dukung warga ig & tiktok karrna dibilang iq nya rendah semua,” komentar akun Instagram @celineandhita.

“Pas anak nya (Gibran Rakabuming) nyerang debat cawapres ga dikomentarin juga pak?? 😂,” komentar @bonanx.

“Pak prabowo punya lahan 340rb hektar di kalimantan, saya ada datanya ujar jokowi saat debat pilpres 2019 lalu😂,” komentar akun Instagram @riaru_onigokko.

“PRABOWO SAMPAIKAN VISI…KIRI KANAN SIIBUK SERANG PRABOWO😢😢😢,” komentar @supodo2.***

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *