by

TNI-Polri Gelar Apel Pasukan di Mapolres TTS, Ada Apa?

MediaKitaNews.Com – Kodim 1621 Timor Tengah Selatan gandeng Polres TTS melaksanakan Apel Gelar Pasukan di Mapolres TTS, pada Kamis (04/01/24).

Dikutip dari akun Facebook @Kodim Tts, Kapolres TTS, AKBP I Gusti Putu Suka Arsa, S. Ik, Menyampaikan, memasuki musim penghujan seperti saat ini potensi terjadinya bencana alam sangat besar, untuk itu perlu adanya peran dan partisipasi kita semua dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam.

Sebagaimana amanat undang-undang nomor 24 tahun 2007 tentang penanggulangan Bencana, bahwa penanggulangan bencana merupakan urusan semua pihak, walaupun sebagai penanggung jawab adalah pemerintah. Namun demikian masyarakat sebagai garda terdepan jika terjadi bencana, maka perlu ditingkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana.

Pelaksanaan apel siaga bencana yang dilakukan oleh TNI- POLRI dan pemerintah, bersama-sama dengan instansi terkait sebagai wujud nyata sinergitas kesiapsiagaan dalam rangka siaga bencana di tahun 2024.

Bencana alam terjadi secara mendadak dan tidak dapat diprediksi. Karena itu perlu adanya kelancaran komunikasi dan koordinasi antar-lintas pemangku kepentingan sehingga penanganan yang cepat bila terjadi bencana dapat dilakukan secara cepat dan bermanfaat, sehingga hal-hal yang lebih buruk tidak terjadi.

Dampak dari bencana tersebut di atas menimbulkan kurugian yang besar yang terjadi pada masyarakat, rasa trauma yang mendalam, rasa takut yang kalau akan terjadi bencana yang lebih besar, untuk itu perlu langkah kongkrit dan nyata serta kerjasama seluruh pihak / stakeholder Guna mengantisipasi timbulnya kejadian Bencana, mengingat perubahan iklim dan kejadian bencana tidak dapat diprediksi.

Sebagai informasi, Apel siaga tersebut di pimpin Kapolres TTS AKBP I Gusti Putu Suka Arsa S.Ik, turut hadir para Perwira Polres TTS, perwakilan Dandim Pasi Pers Dim 1621/TTS Kapten Inf Jemy Tomi Nelwan, Seluruh Anggota Polres TTS dan 2 Pleton Anggota Kodim.***

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *