by

Wiranto : Seorang Presiden tidak Harus Jago Debat

MediaKitaNews.com – Setelah proses debat Calon Presiden pada 12 Desember 2023 lalu, ada hal menarik yang disampaikan oleh mantan Panglima ABRI Jenderal TNI (Purn) Wiranto yang saat ini menjabat sebagai Dewan Pertimbangan Presiden Republik Indonesia.

Dikutip dari Instagram @fakta.jakarta, Rabu 20 Desember 2023, Jenderal Wiranto menyikapi perihal debat perdana capres dan menyambut debat kedua khusus cawapres yang akan digelar Jumat 22 Desember 2023.

“Saya pernah mengalami perdebatan seperti itu, ya baik sebagai calon presiden maupun calon wakil presiden. Saya sudah melihat perdebatan yang telah dilaksanakan oleh para calon presiden untuk Pemilu 2024. Keliatannya tidak terlalu banyak perbedaan yang cukup signifikan tentang tatacara debat” kata Wiranto, pada Jumat 15 Desember 2023.

“Materi lainnya (juga disiapkan) yang nanti diperdebatkan sehingga tinggal membaca, menghafal, mengingat dan memperdebatkan di atas panggung di depan masyarakat,” terangnya.

Oleh sebab itu, Wiranto mewanti-wanti agar masyarakat tidak terkecoh.

“Jangan sampai perdebatan atau acara debat itu justru mengecoh ke masyarakat seakan-akan yang jago berdebat adalah seorang presiden yang hebat,” tuturnya.

“Menurut saya presiden yang hebat adalah presiden yang yang mungkin juga tidak banyak bicara tapi mampu untuk mengeksekusi hal-hal yang berat. Baik dihadapi oleh negara oleh maupun masyarakat dengan satu kebijakan yang adil yang benar,” tegasnya.

“(Kebijakan) yang memang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat di negara itu. Ada istilah ‘sepi ing pamrih rame gawe’. Itu istilah Jawa yang artinya lebih baik banyak bekerja dari pada bicara,” jelas Wiranto.
Dia mengemukakan perdebatan bukan persyaratan mutlak bagi seorang capres.

“Tapi saya ingatkan perdebatan bukan persyaratan mutlak bagi seorang calon presiden,” ujar Wiranto.***

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *