by

BPBD Kabupaten Kupang Selenggarakan Rakor Penanggulangan Bencana Antar OPD dan Mitra Terkait

Oelamasi, Mediakitanews.com – Dalam Rangka mendorong kesiapsiaagaan bencana di Kabupaten Kupang, maka  BPBD Kabupaten Kupang menyelenggarakan Rapat Koordinasi lintas Organisasi Perangkat Daerah dan Mitra terkait, termasuk LSM dan pegiat media, Jumat (22/4/2022). Kegiatan Rapat Koordinasi ini dilaksanakan di Aula Besar Kantor Bupati Kupang di Jalan Timor Raya Oelamasi, Kecamatan Kupang Timur.

Kegiatan Rapat Koordinasi tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe dan dihadiri oleh unsur Forkompimda Kabupaten Kupang.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Kupang menyampaikan bahwa sebagai daerah yang rawan bencana, maka kegiatan untuk memperkuat sinergitas seperti ini perlu terus dilakukan sehingga ke depan Pemerintah dan Masyarakat Kabupaten Kupang semakin tangguh dalam menghadapi berbagai persoalan bencana yang melanda wilayah Kabupaten Kupang seperti bencana alam, bencana non alam maupun bencana sosial.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kupang Drs. Titus S. Tinenti, M.Si, dalam penyampaian materinya mengatakan bahwa saat ini BPBD Kabupaten Kupang terus bergerak dan bersinergi dengan berbagai stakeholder sehingga dalam penyusunan rencana kerja BPBD Kabupaten Kupang dapat menjawab berbagai persoalan kebencanaan yang ada di Kabupaten Kupang.

“Kita Kabupaten Kupang ini berbatasan laut dengan Australia sehingga paling serong terdampak bencana alam Hidrometeorologi. Oleh karena itu kita sering terkena bencana banjir, tanah longsor dan bahkan angin puting beliung seperti kejadian Bencana Seroja tahun 2021” Kata Kepala BPBD Kabupaten Kupang.

Lebih lanjut Kepala BPBD Kabupaten Kupang mengatakan bahwa saat masih ada  pekerjaa rumah terkait dengan pembuatan Peraturan Daerah Kabupaten Kupang tentang Kebencanaan sehingga ke depan setelah pelantikan Alat Kelengkapan DPRD Kabupaten Kupang, maka akan dibawa draf Ranperda Kebencanaan untuk dibahas lebih lanjut.

Pantauan Mediakitanews.com, kegiatan Rakor berjalan dalam suasana  kekeluargaan dan diskusi-diskusi untuk memperkaya Renja BPBD Kabupaten Kupang Tahun 2023.*** MJ

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *