by

Bawakan materi empat pilar kebangsaan; ini pesan Ketua DPRD TTU

MediaKitaNews.com – Penutupan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PPKMB) STKIP Surya Kasih Kefamenanu tahun akademik 2022/2023 diisi dengan materi empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara pada Jumat 2 September 2022. Ketua DPRD Timor Tengah Utara Hendrikus F. Bana hadir sebagai pemateri. Yosef Sengkoen, M.Pd, ketua STKIP Surya kasih Kefamenanu dalam pengantar singkatnya menjelaskan bahwa kampus STKIP Surya Kasih yang baru akan merayakan ulang tahun ketiga pada 9 September 2022 mendatang merupakan bentuk nyata kepedulian dan tekad membangun pendidikan di Kabupaten Timor Tengah Utara. “Kampus ini hadir sebagai bentuk nyata kontribusi membangun sumber daya manusia (SDM) tenaga pendidik di Kabupaten TTU. Ini diharapkan dapat mendorong perkembangan bidang pendidikan di kabupaten ini. Kami yakin bahwa perkembangan pendidikan yang baik akan juga memberi dampak pada perubahan daerah ini dan harus dimulai dari pendidikan” jelasnya.

Ketua DPRD TTU dalam kesempatan itu menegaskan bahwa empat pilar kehidupan berbangsa dan negara adalah pedoman hidup bersama. “Pancasila adalah dasar dan ideologi negara. UUD 1945 sebagai konstitusi dan negara, NKRO sedabagai bentuk negara kita dan Bhineka Tunggal Ika menjadi semboyan negara agar kita bisa hidup bersama dengan semua keragaman yang ada” jelasnya.

Sebagai bentuk penerapan keempat pilar kehidup berbangsa dan bernegara, ketua DPRD TTU nenekankan kepada para peserta mengenai pentingnya memiliki kompetensi akademik yang unggul agar bisa menjawab tuntutan pada masa mendatang. “Kedepannya tuntutan akademik akan semakin tinggi. Pada masa kalian standar IPK sudah akan bergeser dari 2,75 menjadi 3,0. Karena itu kamu harus mempersiapkan diri dengan baik, punya taget waktu dan orientasi kuliah yang jelas” pungkasnya.

Pada kesempatan itu ketua DPRD TTU juga berpesan agar mahasiswa tak lupa membalas pengorbanan orangtua dengan memanfaatkan masa kuliah secara bijak. “Kamu semua mesti ingat bahwa agar kamu bisa kuliah, orangtua rela berkorban, memberi apa yang mereka punya hanya demi masa depan anaknya. Itu adalah bekal masa depan yang orangtua siapkan buat kamu dan harus dijaga. Pengorbanan orangtua itu harus kalian balas, dihargai dengan cara belajar” tandasnya.

Lebih lanjut ia juga mengajak para calon mahasiswa baru agar mampu mengendalikan diri di tengah besarnya godaan yang dapat menyuramkan mimpi masa depan mereka. “Kuasai diri kalian, bergaul secara selektif, bijak menggunakan semua fasilitas yang disediakan agar masa depan yang sduah orangtua siapkan buat kamu bisa terwujud” jelas Hend Bana.

Di akhir pembicaraannya, ketua DPRD TTU juga menyatakan dukungannya bagi kampus STKIP Surya Kasih Kefamenanu untuk terus membangun pendidikan di kabupaten Timor Tengah Utara. “Pendidikan itu sangat berharga dan menjadi tolok ukur perubahan. Karena itu perjuangkan apa yang sudah dimulai dan kami akan terus mendukung perkembangan kampus ini” tegasnya. *** (Yan Usfomeni)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *