by

Hendrikus Fahik, mantan Ketua Tim Pemenang yang dekat dengan Rakyat

MediaKitaNews -Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024 di Kabupaten Malaka, Provinsi NTT, nama Hendrikus Fahik Taek, SH sudah mencuat dan disebut-sebut sebagai tokoh muda yang layak maju dalam Pilkada Malaka 2024.

Karena itu, perlu juga figur ini diulas agar publik bisa tahu seperti apa sosok dan sepak terjang Hendrikus Fahik Taek yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Malaka dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Dari referensi yang diperoleh media ini, ternyata Hendrikus Fahik Taek adalah seorang pemimpin muda yang dekat dan menyatu dengan banyak kalangan termasuk minoritas di Rai Malaka.

Banyak hal yang telah dilakukannya sebelum dan selama menjadi wakil rakyat Malaka, namun tidak semuanya terekam atau terekspose ke publik melalui media. Apalagi, Hendrikus adalah sosok yang tidak suka dipotret ataupun mengumbar kegiatan-kegiatan yang dilakukan.

“Saya memang tidak suka difoto-foto kalau lagi kegiatan. Prinsipnya harus tetap berbuat baik selagi mampu. Jabatan ini kita gunakan untuk berbuat baik dan membantu banyak orang, yakin Tuhan tahu dan membalasnnya,” kata Hendrikus Fahik kepada media ini suatu ketika di tahun 2023 silam.

Baca Juga : Miris, Bupati Simon Nahak salahkan Warga karena Banjir

Salah satu contoh kedekatannya dengan kaum minoritas di Kabupaten Malaka adalah terlihat dalam acara hari raya keagamaan. Ini hanya salah satu contoh saja, masih banyak lagi yang tidak terekam.

Bahwa pada tahun 2023 silam, Hendrikus Fahik turut berkurban pada hari raya Idul Adha 1444 H.

Partisipasi tersebut ditandai dengan penyerahan hewan kurban berupa sapi kepada umat muslim di Kabupaten Malaka pada Kamis, 29 Juni 2023.

Hendrikus mengatakan, penyerahan hewan kurban tersebut sebagai bentuk partisipasinya bersama umat muslim di Kabupaten Malaka yang merayakan Hari Raya Idul Adha.

Politisi PKB Malaka ini berharap, toleransi antar umat beragama di Kabupaten Malaka dan Indonesia pada umumnya dapat terjaga.

“Harapannya tetap menjaga tali persaudaraan demi mewujudkan toleransi antar umat beragama,” kata Mantan Ketua Presidium PMKRI Cabang Kupang ini.

Ketua PC NU Kabupaten Malaka, Ustad Zainudin mengaku sangat berterimakasih kepada Wakil Ketua DPRD Malaka, Hendrikus Fahik yang telah menyerahkan hewan kurban tersebut dan selanjutnya daging kurban dari hewan yang diserahkan akan diteruskan kepada yang membutuhkan.

Inilah salah satu potret kedekatannya dengan berbagai kalangan. Belum termasuk keterlibatannya bersama masyarakat dalam acara adat maupun agama, serta bagaimana aksi kemanusiaannya membantu anak-anak muda memperoleh pekerjaan dan juga kuliah.

“Tidak usah diungkapkan, tidak perlu diumbar-umbar, perbuatan baik pasti diingat dan dicatat oleh Tuhan,” ujar Ketua Dewan Syuro DPC PKB Malaka tahun 2019-2024 ini.

Untuk diketahui, Hendrikus Fahik Taek memulai kerja-kerja politik sejak masih mahasiswa dan wisuda dari Fakultas Hukum Universitas Katolik Widya Mandira Kupang belasan tahun silam tepatnya tahun 2009 hingga terpilih sebagai Anggota DPRD Kabupaten Malaka periode 2014-2019 dan Wakil Ketua DPRD Malaka Periode 2019-2024.

Sudah lebih dari 10 tahun Hendrikus Fahik Taek bergelut dengan persoalan-persoalan rakyat, persoalan pemerintahan, persoalan publik dan persoalan-persoalan kemanusiaan.

Sebagai seorang politisi, Hendrikus menyadari betul bahwa jalur politik telah menjadi pilihan jalan hidupnya untuk bisa membantu lebih banyak orang.

Selain itu, Hendrikus Fahik adalah ketua Tim Koalisi Pemenang untuk 2 kali Pemilihan Bupati dan Waki Bupati di Kabupaten Malaka yaitu pada Pilkada Malaka 2015 dengan Paket Tabe dan Pilkada Malaka 2020 dengan Paket SNKT.

“Selagi masih ada yang hidup susah, akan terus berjuang. Mau bantu banyak orang hanya melalui jalur politik. Dan saya sadari betul bahwa lewat jalur politik kita bisa bantu banyak orang,” ujar Hendrikus yang saat mahasiswa sudah terlibat di sejumlah organisasi mulai dari senat mahasiswa, Ikatan Mahasiswa Malaka (Immala) Kupang, Forum Solidaritas Mahasiswa Belu (Fosmab) Kupang dan PMKRI Cabang Kupang periode 2007-2008.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *