by

Erupsi Gunung Ile Lewotolok Kabupaten Lembata, Warga Diminta Jangan Panik

MediaKitaNews.com –  Gempa dan erupsi terjadi lagi di Gunung Ili Lewotolok, Kecamatan Ile Ape, Kabupaten Lembata Provinsi Nusa Tenggara Timur, Jumat, 24 Juni 2022, pukul 21:35  WIB atau 22:35 waktu setempat.

Gunung Lewotolo, juga disebut dalam bahasa setempat (bahasa Lamaholot sebagai Ili/Ile Lewotolok atau Ile Ape, adalah gunung berapi stratovolcano yang terletak di bagian utara Pulau Lembata, Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia.

Baca Juga : Sinergitas dan Kolaborasi Untuk Meningkatkan Ketahanan Pangan

Dikutip dari Wikipedia, ungkapan ile lewo tolok berarti ” gunung kampung/negeri runtuh” (Lewotolok adalah nama tempat gunung ini berada), sedangkan ile ape berarti “gunung api”.

Secara geografi, gunung berada pada suatu semenanjung di sisi barat laut pulau. Posisinya ini menyebabkan tingkat kebencanaan gunung ini tidak termasuk tinggi.

Puncak gunung ini memiliki kawah besar menyerupai kaldera berbentuk bulan sabit yang disebut warga dengan nama Metong Lamataro. Ini adalah bagian dari kawah lama Gunung Lewotolo.

Sebentuk kerucut terbentuk di sisi tenggara Metong Lamataro dan menjadi puncak tertinggi (+1.423 m) Gunung Lewotolo saat ini.

Kerucut tersebut memiliki lubang kawah aktif di puncaknya dengan hembusan uap solfatara di hampir semua bagian kerucut. Solfatara berwarna kuning membara; hablur belerang hasil sublimasi banyak ditemukan di lereng timur, utara, dan selatan dari kerucut baru ini.

Baca Juga : Bank NTT Akan Memberi Makanan Tambahan Kepada 6.000 Baduta Gizi Kurang di Wilayah NTT

Dikutip dari   Akun Twitter  Resmi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi – Kementerian ESDM R@PVMBG_, menyebutkan bahwa Gunung Ili Lewotolok mengalami erupsi yang terekam di seismogra dengan aplitudo maksimum 34 mm dan durasi 61 detik.

“Terjadi erupsi G. Ili Lewotolok pada hari Jumat, 24 Juni 2022, pukul 22:35 WITA.  Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 34 mm dan durasi 61 detik,” tulis akun twitter R@PVMBG_.

Dengan kondisi ini, maka warga disekitar gunung Ile Lewotolok diminta untuk selalu wasppada terhadap berbagai kemungkinan yang terjadi karena erupsi ini.***

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 comments